Dampak Kucing Mengalami Stress Dan Cara Tepat Penanganannya

Kucing kamu terlihat galak atau lebih agresif? tidak  mau makan dan minum? lebih beringas dari biasanya? atau bertingkah aneh-aneh dan tidak biasa?... Jangan anggap remeh! mungkin dia sedang mengalami Stress, Simak nih ulasan dan penjelasan lengkapnya

   "Stress" merupakan keadaan dimana fisik dan pikiran sedang merasakan ketegangan atau sedang terguncang pikirannya. Stress dapat menyebabkan gangguan dan kerusakan baik secara mental ataupun juga kesehatan tubuh.
    Ketika kucing merasa stress, hal itu dapat memicu rusaknya mental dan fisik kucing itu sendiri. Kucing akan terlihat lebih galak, linglung ( bingung dan sering panik), dan bersikap aneh-aneh. Stress pada kucing juga dapat memicu munculnya penyakit lain apabila tidak segera diberi penanganan yang tepat. Kucing yang mengalami stress bisa disebabkan dari berbagai hal, beberapa penyebab yang sering menimbulkan stress pada kucing. beriktu beberapa penyebabnya

Penyebab Kucing Stress

  • Tidak atau kurangnya memberi kasih sayang dan merawatnya dengan baik
  • Kucing sedang terserang penyakit. Kucing yang sedang dalam kondisi sakit / tidak sehat akan stress dan tidak nyaman jika tidak segera disembuhkan penyakitnya tersebut.
  • Tidak dikawinkan pada masanya (masa birahi). Hendaknya kita mengawinkan kucing yang sedang mengalami hasrat/nafsu yang sedang bergejolak pada masa kawinnya,karena kucing yang telat atau tidak dikawinkan akan merasa sendiri dan stress karena nafsu yang tidak tersalurkan.
  • Terdapat infeksi luka. Terkadang kucing akan merasa tidak nyaman dengan luka-luka yang ada pada tubuhnya, baik luka yang ada diluar kulit, maupun yang ada didalam kulit / tubuh.
    Adapun jika sudah begitu maka kucing akan mengalami stress, hal itu tentu akan sangat menganggu kesehatan mental, fisik dan pikirannya. Jika sudah begitu, biasanya kucing akan menunjukan perilaku-perilaku yang tidak lazim / aneh, seperti berikut :

   a.       Jam tidur lebih lama dari biasanya
   b.      Terlalu Pasif 
   c.       Lebih galak/agresif dari biasanya jika diganggu
   d.      Sering mengeong dengan durasi yang cukup lama
   e.      Sering buang air sembarangan (tidak seperti biasanya)

Jika si kucing sudah dipastikan mengalami stress, maka biasanya akan menimbulkan dampak-dampak yang merugikan kucing itu sendiri, adapun dampak-dampak yang ditimbulkan jika kucing mengalami stress adalah sebagai berikut :

    -          Nafsu makan berkurang
Kucing akan berkurang nafsu makannya jika ia merasa stress, ini disebabkan karena kucing kurang nyaman dan terganggu pikiran dan mentalnya

    -          Banyaknya Bulu yang rontok
Seiring mental dan pikiran kucing yang tidak stabil dan terganggu maka tubuh akan merespon juga dengan seperti yang dialami kucing itu sendiri, mengalami gejolak pada mental yang bisa mempengaruhi pada kondisi fisiknya

    -          Kucing menjadi galak
Kucing yang sedang mengalami stress pasti akan merasa tidak nyaman dengan lingkungan di sekitarnya, kucing akan menganggap semua yang bearada disekitarnya merupakan suatu ancaman dan kucing akan berlindung dan melawannya.

    -        Tubuh lemas hingga sakit
Tubuh kucing akan merespon buruk jika kucing merasa tegang, tidak nyaman, dan stress. Ini merupakan sebab yang ditimbulkan karena metabolisme dan antibodi kucing tidak berjalan dengan baik.

    -          Hingga kematian
Kucing yang benar-benar sudah mengalami stress yang sangat berlebihan biasanya tidak memiliki gairah hidup bahkan makan dan minum saja tidak bernafsu. Jika sudah begitu biasanya kucing akan memilih untuk pasrah dan tinggal diam sembari menunggu ajalnya saja, tentu ini akan sangat menyedihkan sekali bagi kita jika kucing sudah begini.

    Jika kucing sudah mengalami tanda-tanda seperti itu dan menimbulkan dampak-dampak yang terjadi seperti saya sebutkan maka kita diwajibkan memberikannya penanganan dan perwatan semaksimal mungkin agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? berikut saya paparkan dan jelaskan cara dan penanganannya :

Penanganan Kucing yang Mengalami Stress

    1.   Lakukan pendekatan secara intensif
Ketika kucing stress biasanya kucing sering berlaku pasif dan diam menyendiri, disitu kita bisa memberinya elusan-elusan dan pijatan-pijatan agar kucing merasa lebih rilex dan santai. Eluslah bagian bawah tenggorokan kucing kepala atas atau dengan memijatnya di bagian punggung.

    2.   Berilah snack-snack kucing
Banyak di petshop tersedia snack-snack atau makanan ringan dengan berbagai bentuk dan variasi rasa, seperti bentuk stik, bentuk stik, rasa tuna, dan masih banyak lagi macamnya. Dengan memberikan snack kepada kucing, hal ini bertujuan agar membantu si kucing agar terjaga gizi asupannya, dan jugadapat membantu menggugah selera makan si kucing.

    3.   Berilah kasih sayang dan hiburan yang lebih
Sediakanlah sedikit waktu dan tenaga kamu untuk memberi kasih sayang, bisa berupa interaksi dan juga bisa berupa hiburan atau suatu alat mainan. Hal ini perlu dilakukan agar si kucing tertarik untuk bergerak aktif. Pancinglah si kucing dengan beberapa alat mainan agar si kucing bereaksi dan terhibur.

    4.   Check pada dokter hewan jika diperlukan
Jika kucing kesayangan sudah terlalu berlarut-larut mengalami stress dan kita sudah tidak bisa menanganinya lagi, maka langkah yang tepat adalah untuk membawanya ke dokter hewan. Hal ini dilakukan agar si kucing diperiksa lebih mendalam, apabila jika mungkin terindikasi penyakit atau virus maka bisa langsung mendapatkan penanganan yang tepat.

    5.   Bebaskan kucing dan memberi ruang atau tempat yang leluasa
Jika kucing kesayangan kamu sering dikandang maka cobalah untuk membebaskannya keluar. Terkadang beberapa kucing ada yang tidak menyukai dikekang dan dikandang, karena jika kucing sudah merasa tidak nyaman (terkekang), maka kucing akan merasa stress dan depresi dikarenakan hidupnya yang tidak bebas. Jika sudah begitu, maka satu-satunya cara adalah dengan membebaskan si kucing agar dia merasa lebih leluasa dalam bergerak dan beraktifitas.

    Ketika kucing stress mungkin dari kita tidak bisa mendeteksinya atau mengetahuinya, uraian saya diatas merupakan hasil berdasarkan dari pengalaman dan ilmu yang saya alami dan ketahui. Kucing stress tentu sangat membuat risau kita sebagai pemelihara, karena tidak sedikit hewan maupun kucing yang stress dan berujung pada kematian, ini dikarenakan fisik, mental dan pikiran yang terkuras habis merasakan ketegangan yang luarbiasa, oleh karena itu kita sebagai pemelihara dan pecinta kucing kesayangan kita, seyogyanya untuk menyempatkan waktu dan tenaga untuk memberi perawatan dan kasih sayang yang cukup bagi si kucing agar tidak merasa stress dan tegang dalam aktifitas semasa hidupnya serta dalam kesehariannya juga.

    Demikian info mengenai Dampak Kucing Mengalami Stress Dan Cara Tepat Menanganinya dari isman Pet, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom “KOMENTAR”, kami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa, Terima kasih.


Silahkan Follow FACEBOOK Fanspage "ISMAN PET" dan akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan info & tips-tips TERUPDATE.

Related Posts:

0 Response to "Dampak Kucing Mengalami Stress Dan Cara Tepat Penanganannya"

Post a Comment