Kucing ras Maine coon

Kamu penggemar RAS MAINE COON? ingin tahu lebih detail mengenai kucing RAS MAINE COON ini... Berikut ulasan lengkapnya

    Ras Maine Coon merupakan ras kucing yang berasal dari kota Maine, negara Amerika serikat. Ditempat asalnya kucing ini biasa juga disebut sebagai American longhair. Dinamai Maine coon karena kucing ini disebut “Maine” yang menunjukan kota asalnya muncul dan dikembangkan, sedangkan “Coon” memiliki makna “rakun” karena bulu belakang ( ekor ) kucing ras Maine coon ini memang terlihat seperti milik hewan rakun.


    Meskipun harganya yang terlalu mahal, namun kucing ras Maine coon ini memiliki keunikan ciri dan karakteristik sendiri yang sangat jarang kita dapati pada kucing umumnya. Di indonesia sendiri kucing ras Maine coon sangat mendapat atensi bagi petlovers, karena selain sifatnya yang friendly namun fisiknya pun sangat cocok untuk diikutkan lomba atau kontes kecantikan kucing. Adapun bagi calon adopter kucing, jika kamu hendak mengadopsi hewan kucing mengkin ras Maine coon bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Berikut ulasan lengkapnya.

Ciri fisik dan karakteristik ras Maine coon

      1.   Fisik tinggi, besar, panjang
Kucing Ras Maine Coon ini sangat terkenal dengan ciri fisiknya yang berukuran tinggi, besar dan panjang. Ras Maine Coon merupakan salah satu jenis kucing didunia yang memiliki ukuran badan yang sangat berbeda pada kucing umumnya. Fisik Ras Maine Coon lebih besar 3-4 kali lipat dari kucing pada umumnya (seperti persia, anggora,dll). Ukurannya tingginya bisa mencapai 1 meter dan jika diterlentangkan kai dan tangannya maka panjangnya bisa mencapai hingga 1,5 meter.

      2.   Tulang besar
Ras Maine Coon memiiki tulang yang kuat dan besar, seperti halnya yang dimiliki Ras Norwegian forest dan Ras Anggora. Karena memang ras Maine coon merupakan hasil perkawinan silang dari keduanya.


      3.   Wajah mancung
Bentuk wajah dari Ras Maine Coon sedikit mancung dan sedikit terlihat berbentuk segitiga. Wajah mancung yang menawan dari Ras Maine Coon ini sering menjadi pusat perhatian bagi para juri dan para petlovers lainnya yang berada dalam kontes kecantikan hewan kucing.

      4.   Mata tajam
Mata dari Ras Maine Coon sedikit agak tajam yang mirip dimiliki oleh Ras Anggora. Ya, memang mata tajam ini merupakan turunan asli dari Anggora sendiri yang merupakan nenek moyang Ras Maine Coon ini.

      5.   Bulu panjang dan indah
Salah satu kelebihan dari Ras Maine Coon ini yaitu bulunya yang lebat dan indah. Bulu lebat dan indah ini biasa dimanfaatkan petlovers sebagai unggulan fisik yang dimiliki Ras Maine Coon dalam mengikuti suatu lomba kecantikan. Coraknya yang istimewa dan warnanya yang indah , bisa menyilaukan juri manapun yang memandangya.   

      6.   Menyendiri
Kucing Ras Maine Coon ini memiliki sifat menyendiri dan tidak suka mengelompok dengan kucing lainnya, baik yang sejenis maupun yang bukan sejenis. Sifat menyendiri ini mungkin bagi beberapa orang bisa menjadi kelebihan sendiri.

      7.   Penyayang manusia
Karakteristik dari Ras Maine Coon salah satunya yaitu sangat manja dan menyayangi manusia. Meskipun memiliki fisik tinggi besar, namun ras Maine coon ini memiliki karakteristik yang sangat menyayangi manusia dan juga sangat manja kepada manusia apalagi kepada pemiliknya.

      8.   Friendly pada manusia
Kucing Ras Maine Coon ini sangat bersahabat dengan manusia disekelilingnya, meskipun orang asing sekalipun. Kucing ras Maine coon ini sangat jauh dari kata “bahaya” bagi manusia karena memang sifatnya yang tenang dan kalem.

      9.   Aktif
Kucing Ras Maine Coon ini sangat suka diajak bermain. Pada kesehariannya Ras Maine coon lebih banyak meluangkan waktunya dengan aktif bergerak dan  sedikit waktu untuk tidur. Hal ini sangat bertolak belakang dengan Ras Persia yang kita kenal sangat suka tidur dan beristirahat disetiap harinya.

    Ada banyak beberapa versi dan pendapat mengenai awal mula juga perkembangan seputar kucing Ras Maine Coon ini. Namun yang mungkin bisa saya tangkap adalah sebagai berikut :

    Ras Maine Coon merupakan kucing asli asal kota Maine, Amerika serikat. Kucing ras Maine Coon ini pertama dikenal pada tahun 1861 saat seseorang mengikutkannya lomba pada suatu kompetisi hewan kucing. Kemudian pada selang beberapa tahun selanjutnya "tepatnya 8 mei 1895", kucing ras Maine Coon memenangkan sebuah lomba kontes hewan kucing dan pada saat itu juga ras Maine Coon mulai dikenal oleh banyak pecinta kucing.
    Meskipun perkembangannya yang sempat mandek / tidak berkembang, namun pada tahun 1950 ras Maine Coon mulai serius dikembangkan kembali oleh sekelompok dari enam peternak kucing. Dan pada tahun 1968 telah resmi didirikan sebuah organisasi perlindungan dari ras Maine Coon ini yang disebut "Maine coon breeders and fanciers association" atau yang disingkat MCBFA.

    Kucing ras Maine coon tergolong kucing extraordinary / tidak biasa kita jumpai seperti kucing-kucing pada umumnya, karena memang ciri fisik yang jarang kita temui dari kucing jenis lain. Maka jangan heran bahwa hanya beberapa orang saja yang dapat mengadopsi kucing jenis ini. Disamping kaena harga banderol yang terbilang tinggi namun dalam mengadopsinya dan perawatan juga terbilang harus luar biasa ekstra. Di indonesia sendiri kucing ini sangat sulit dan jarang kita temui, hanya beberapa orang saja yang memilikinya.

   Demikian info lengkap mengenai Kucing Ras Maine Coon dari isman Pet, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom KOMENTAR, kami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa,terima kasih.

Silahkan Follow akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan INFO, TIPS-TIPS dan BERITA DUNIA terupdate

Related Posts:

0 Response to "Kucing ras Maine coon"

Post a Comment