Mengenal kucing siam (Siamese cat)

Pernahkah dengar kucing RAS SIAM? Kamu ingin memelihara kucing RAS SIAM?...Simak dulu ulasan berikut

    "Kucing Siam" atau dikenal Siamese cat  merupakan kucing yang berasal asli dari Negara Thailand. Kucing siam termasuk jenis ras yang jarang kita jumpai di indonesia karena harga yang relatif mahal dan juga bentuk fisiknya yang tidak terlalu indah, tidak seperti kucing Anggora dan Persia yang memang sudah lama menjadi favorit bagi pecinta kucing di indonesia. Tetapi dibalik kekurangan itu, kucing Ras Siam memiliki ciri khusus dan sifat yang juga lebih unik jika dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. berikut ulasan lengkapnya. 

Kucing siam


1. Ciri fisik
Kucing siam memilki ciri fisik :
      ·   Tubuh tegak
      ·   Tinggi sedang
      ·   Bulu pendek
      ·   Mata berwarna biru langit
      ·   Warna bulu seal point (ini merupakan ciri khusus ras siam)


2. Karakteristik dan sifat
Selain itu kucing siam memiliki beberapa sifat seperti berikut :

      ·   Sangat respon terhadap pemilik
Kucing siam merupakan kucing yang memiliki kecerdasan dan kepekaan yang sangat tinggi, ini merupakan sifat turunan dari kucing siam, jika kamu menginginkan kucing yang cerdas, pintar, dan mudah diajari maka kucing siam merupakan pilihan yang tepat. Latihan juga dapat diterapkan pada kucing yang satu ini karena memang sifat ras siam yang sangat mudah diajari dan dilatih sesuatu yang baru

      ·   Rasa ingin tahu yang tinggi
Salah satu sifat yang menonjol dari kucing siam adalah rasa keingin tahuannya yang tinggi, selalu mencari tahu keadaan lingkungan disekitarnya, makanya tak jarang bagi pemelihara kucing siam yang kelabakan dan kerepotan ketika kucing siam kesayangannya merusak dan memainkan barang-barang yang ada disekitarnya. Disini perlunya kamu sebagai pemilik untuk mengawasi dan mengarahkan agar kucing ras siam tersebut tidak merusak barang-barang dirumah, berilah tanda dan sinyal yang menandakan larangan agar kucing tidak menciptakan kerusakan dirumah kamu.

      ·   Manja terhadap majikannya
Kucing siam juga selalu ingin mengajak berinteraksi dengan majikannya, kadang ini merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi kita sebagai pemelihara TAPI kadang ini merupakan gangguan pada kita juga karena seringnya si kucing siam ini butuh bermanja-manja dan perhatian kita untuk diajak bermanja-manja dengannya. Disinilah yang sebelumnya saya sebutkan, bahwa kucing ras siam ini sangat membutuhkan pemilik yang siap menemani dan mendampinginya sesering mungkin.

      ·   Aktif dan suka bermain
Ras jenis siam sangat aktif dan suka bermain, jadi jangan kaget saat kucing siam selalu aktif kesana dan kesini dan bermain-main dilingkungan sekitarnya. bagi pemelihara kucing siam tentu ini merupakan hiburan tersendiri untuk mengisi waktu luang kita saat merasa kejenuhan dan kebosanan.

      ·   Mudah beradaptasi
Salah satu kelebihan dari ras siam ini yaitu mudahnya untuk beradaptasi pada lingkungan sekitarnya. Ada beberapa kucing yang mudah kaget dan lambat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, biasanya kucing-kucing pada umumnya terlihat stress dan mudah marah ketika dihadapkan pada lingkungan baru. Namun hal itu tidak pada ras siam, ras siam sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru yang dihadapinya.

      ·   Sangat friendly terhadap manusia
Jangan khawatir kucing ras siam kamu berreaksi agresif, karena memang bawaan kucing ras siam yang sangat friendly kepada manusia disekitarnya, baik pada majikannya maupun kepada orang yang baru dikenalnya. Sangat jarang ditemukan kucing ras siam menyerang manusia kecuali hanya main-main saja.

      Kucing ras siam ini merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki bulu pendek (shorthair), oleh karena itu kita tidak terlalu repot untuk menangani kebersihan dan kesehatan bulunya. 
      Kesimpulannya adalah jika kamu ingin memiliki kucing yang aktif dan mudah untuk diajak bermain maka kucing Siam-lah pilihannya. tapi bagi kamu yang sibuk dikesehariannya atau tidak memiliki banyak waktu untuk dirumah, maka kucing jenis Ras Siam bukan pilihan yang tepat seperti yang saya bilang tadi,
      Bagi Kucing Ras Siam, untuk hal perawatannya sendiri tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal karena bentuk fisik dan bulunya yang tidak selebat Persia dan Anggora. Tapi untuk mendapatkannya (mengadopsinya) , dibutuhkan biaya yang lebih mahal dari pada kucing Persia atau Anggora.
      Demikian info lengkap mengenai Kucing Ras Siam dari isman Pet, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom KOMENTAR, kami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa,terima kasih.

Silahkan Follow FACEBOOK Fanspage "ISMAN PET" dan akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan INFO & TIPS-TIPS terupdate

Related Posts:

0 Response to "Mengenal kucing siam (Siamese cat)"

Post a Comment