Grooming Kucing di Rumah dengan Peralatan Sederhana

Mau Grooming kucing di rumah tapi gak pnya peralatannya? Bingung bagaimana cara meng-Groomingnya yang benar dan tepat?... Simak nih beberapa tips RUMAHAN yang bisa kamu terapkan.

     Sebagai pemelihara dan pemilik kucing yang bijak tentu kita memerlukan ilmu,keterampilan, dan pengalaman untuk memberi perawatan rutin yang tepat bagi kucing kesayangan kita, kita juga harus memberikan perlakukan yang dengan baik dan layak. Kucing sendiri tergolong salah satu hewan yang mandiri dan pintar, seperti contoh bagaimana kucing membersihkan badannya dengan mandiri yaitu dengan membersihkan badannya menggunakan lidah yang memang bertekstur kasar yang berfungsi sebagai pembersih alami. Namun bagaimanapun juga jika kamu bersedia merawat dan mau memandikannya itu jauh sangat membantu kucing karena dapat mencegah kuman-kuman dan bakteri-bakteri yang hinggap di kulit atau tubuh si kucing itu sendiri.

     Banyak dari pemelihara dan pemilik kucing yang malas mengurus kebersihan kucing dan untuk membersihkan atau memandikannya mereka lebih memilih cara simpel dengan menitipkan kucing pada jasa-jasa grooming yang saat ini sedang menjamur dikalangan pebisnis kucing dan petshop-petshop, padahal jika kita bersedia untuk membersihkan dan memandikan kucing kesayangan kita sendiri, itu memiliki beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan antara lain : mempererat hubungan antara pemilik dan si kucing, menambah pengalaman dan keterampilan kita dalam mengurus kucing,
dan juga tentunya menghemat uang kita

     Sebenarnya grooming bisa dilakukan oleh pemelihara kucing sendiri jika mau meluangkan waktu dan tenaga untuk melakukannya, pada dasarnya pelaku bisnis jasa grooming juga memakai pegawai mereka yang sudah banyak mendapat keterampilan dan pengalaman yang mereka peroleh dari cara grooming kucing maupun anjing. Disini saya akan menjelaskan beberapa tips simpel grooming di rumah dengan menggunakan alat-alat yang sederhana. Berikut saya berikan beberapa cara praktis dan simpel Grooming kucing di rumah sendiri,dengan peralatan-peralatan yang mudah didapatkan.

    Grooming Kucing di rumah dengan peralatan sederhana


      1.   Menyiapkan peralatan dan bahan-bahan
Pertama-tama adalah kita siapkan dahulu beberapa peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan,sebelumnya saya jelaskan jika tidak ada kelengkapan peralatan-peralatannya maka bisa diganti dengan peralatan yang sering berada di rumah kamu, yaitu :
-          Sisir kucing/anjing (jika tidak ada memakai sisir rambut tidak masalah)
-          Handuk bersih
-          Shampoo kucing (wajib)
-          Sikat kucing/anjing (jika tidak ada memakai sikat gigi tidak masalah)
-          Minyak wangi khusus kucing (jika kamu menginginkan hasil yang optimal)
-          Hairdryer / Handuk bersih

      2.   Menyisir bulu kucing
Menyisir rambut bertujuan agar membersihkan bulu si kucing dari berbagai kotoran maupun binatang-binatang yang berukuran kecil yang hinggap di bulu si kucing, Sisirlah bulu kucing secara merata keseluruhan dan perlahan-lahan menggunakan sisir kucing/anjing jika tidak ada maka alternatifnya adalah menggunakan sisir rambut.

      3.   Siapkan air
Tahap berikutnya adalah dengan menyiapkan air, hindarilah menggunakan air langsung atau yang dingin,gunakanlah air campur antara hangat dan dingin, hal ini bertujuan agar si kucing tidak terlalu kaget dengan suhu air yang terlalu dingin sehingga kucing akan memberontak. Siapkan air didalam kotak/ember besar yang lebar sedalam ½ volume ember tersebut.

      4.   Masukan kucing ke kotak/ember yang berisikan air
Jika kotak/ember dan air sudah disiapkan kemudian rendamlah kucing ke kotak/ember tersebut hingga seluruh badannya kecuali kepala (jangan ditenggelamkan). Basuh secara perlahan hingga meresap kedalam kulit si kucing.

      5.   Gosok tubuh kucing menggunakan shampoo/sabun khusus kucing
Setelah tubuh kucing basah hingga meresap kekulit langkah selanjutnya yaitu kita angkat dan keluarkan si kucing dari kotak/ember tersebut lalu berilah shampoo dan gosokan pada seluruh bagian tubuh si kucing dari mulai membersihkan kaki, lalu gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian kuku si kucing, gunakanlah juga sikat gigi tersebut untuk membersihkan sela-sela kaki si kucing, gosok bagian punggung, perut, wajah, hingga ujung ekor si kucing. kemudian bilaslah menggunakan air jernih.

      6.   Handuki dan keringkan badan si kucing
Jika kucing sudah dimandikan dan dibilas maka handuki seluruh tubuh kucing menggunakan handuk bersih yang sudah disiapkan. Setelah itu keringkan seluruh badan si kucing menggunakan hairdryer atau bisa juga dengan menjemurnya pada terik sinar matahari yang panas. Selain agar si kucing tidak merasakan kedinginan, hal ini juga bertujuan agar kulit kucing tidak lembab karena jika kulit terlalu lembab atau basah itu dapat menimbulkan berkembangnya kuman dan bakteri.

      7.   Bersihkan kotoran yang terdapat dikuping si kucing
Gunakanlah cottonbut untuk membersihkan kotoran yang ada di kedua kuping si kucing, bersihkan secara perlahan dan hati-hati.

      8.   Potong kuku si kucing
Setelah itu,berilah perawatan peddy meddy cure pada si kucing. Potonglah kuku-kuku yang panjang ,lakukanlah secara perlahan dan hati-hati jangan sampai melukai kaki atau jari si kucing.

Walaupun kucing merupakan hewan yang pintar dan suka menjaga kebersihan badan sendiri, tapi ada baiknya juga kita memberikan perawatan kebersihan secara menyeluruh pada tubuh si kucing, setidaknya 2 x seminggu atau 1 x sebulan. Dengan membersihkan seluruh badan kucing berkala maka itu dapat bermanfaat bagi kebersihan, keindahan dan kesehatan kucing kita.

Demikian tips-tips mengenai Grooming Kucing di rumah dengan peralatan sederhana dari isman Pet, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom “KOMENTAR”, kami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa, Terima kasih.


Silahkan Follow FACEBOOK Fanspage "ISMAN PET" dan akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan info & tips-tips TERUPDATE.

Related Posts:

0 Response to "Grooming Kucing di Rumah dengan Peralatan Sederhana"

Post a Comment