Solusi dan cara menangani kucing yang diare / mencret

Kucing kamu diare / mencret? Bingung bagaimana cara menanganinya?... Jangan anggap remeh guys, segera tangani dengan benar dan tepat ! Simak nih ulasan lengkapnya...

      Diare atau Mencret pada kucing merupakan kejadian dimana ketika kotoran kucing menjadi lebih lembek dari biasanya dan bertekstur agak cair. Kucing yang sedang mengalami diare, biasanya akan langsung berdampak pada kesehatan tubuhnya. Selain itu, hal semacam ini tentunya juga sangat menggangu aktivitas pemelihara kucing, terlebih jika kucing keasayangan kita itu "menulari" lingkungan disekitarnya termasuk kita atau orang sekitar kita.
      Saat kucing kesayangan kita mengalami diare/mencret, tentu itu merupakan suatu hal yang menjengkelkan. Ada pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati” oleh karenanya kita sebagai pemelihara dituntut supaya pintar dan sigap untuk memberi pencegahan agar kucing kesayangan kita tidak sampai mengalaminya (menceret / diare).

Pertama-tama berikut saya paparkan ulasan mengenai penyebab-penyebabnya (kucing mengalami diare). 

Penyebab-penyebab kucing mengalami diare atau mencret

      -       Mengganti makanan jenis atau merk lama dengan jenis atau merk baru
Saat kita mengganti makanan jenis/merk lama dengan makanan jenis atau merk baru maka kucing biasanya akan bereaksi mual dan muntah, setelah itu kucing akan mengeluarkan kotoran cair (mencret). Itu merupakan hal yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan bagi kita, karena itu biasanya hanya dikarenakan reaksi pada lambung si kucing yang kaget saat makanan yang dikonsumsinya berubah.

      -       Memberi makanan busuk dan tidak layak konsumsi
Seyogyanya bagi kita sebagai pemelihara kucing kesayangan janganlah memberi kucing kita makanan yang sudah busuk dan makanan yang tidak layak konsumsi, karena itu sangat tidak baik bagi lambung kucing dan juga bagi kesehatannya juga. Makanan yang busuk dapat membawa bakteri dan virus yang berbahaya bagi lambung dan kesehatan kucing itu sendiri

      -       Meminum air yang kotor dan tidak higenis
Pasti kita sering menemui seekor kucing yang meminum air comberan,selokan, air kotor, dll. Ketika kucing mengalami dehidrasi, kucing pasti akan mencari air untuk memenuhi dahaganya. Banyak kita lihat dari beberapa yang kucing ketika menemukan sumber air biasanya langsung meminum air tersebut, mereka tidak bisa menilai apakah air itu bersih atau tidak. Disitulah kita sebagai pemelihara diharap peka dan peduli dengan mencegah perilaku kucing semacam itu.

      -       Mengonsumsi susu yang salah
Saya anjurkan jangan memberi kucing kesayangan kita susu yang diperuntukan bagi manusia, bila ingin membeli kucing keasayangan kita susu. Berilah susu yang khusus diperuntukan kucing saja, jangan memberi susu yang diperuntukan manusia karena lambung kucing akan kesulitan dalam mencerna laktosa.

      -       Kucing mengalami stress
Ketika kucing mengalami stress pada situasinya maka segala yang dirasakan si kucing serba tidak nyaman dan mengenakan. Tidak hanya diare/mencret saja, kucing yang mengalami stress bisa terserang berbagai penyakit dikarenakan respon dari anti-bodynya yang mengalami penurunan. Dengan mengalami penurunan tingkat anti-bodiy kucing, maka itu akan mempermudah masuknya penyakit kedalam tubuh kucing salah satunya diare.

      -       Terserang virus atau bakteri
Penyebab terparah adalah ketika kucing kesayangan kita mengalami diare/mencret dikarenakan terserang virus jahat yaitu Escherichia coli . jika kucing sudah terserang oleh virus semacam ini maka dianjurkan untuk segera dilarikan ke dokter hewan untuk mendapat perawatan dan agar tidak memperparah si kucing sendiri.

      Dengan berbagai penyebab-penyebab yang bisa menimbulkan kucing kita terserang penyakit diare, maka sebaiknya kita sebagai pemelihara kucing diharapkan agar tidak menganggap enteng dari setiap masalah, gejala dan tanda-tanda penyakit yang dialami si kucing. Tentunya kucing merasa tidak nyaman ketika dirinya tidak dalam kondisi baik, oleh karenanya kita sebagai pemelihara diharapkan untuk cepat tanggap dan respon untuk menangani hal semacam ini.
      Diare merupakan penyakit yang menyebabkan kotoran yang dikeluarkan menjadi lembek atau cair. Ini terjadi dikarenakan pencernaan yang bermasalah disebabkan oleh makanan atau minuman yang salah dan bisa juga karena makanan atau minuman yang tidak layak untuk dikonsumsi. Pada tubuh kucing juga mengalami proses pencernaan makanan, oleh karena itu, tentu kucing juga bisa terserang gangguan pencernaan sewaktu-waktu ketika kita memberikan makanan atau minuman yang salah. Tentunya saat kucing kita mengalami diare/mencret, maka akan sangat mengganggu bagi lingkungan disekitarnya, karena disamping baunya yang lebih tidak sedap, bentuknya juga sangat menjijikan dan tidak enak dipandang.

      Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada cara dan trik ampuh menangani masalah diare pada kucing kesayangan kita, berikut saya lampirkan ulasannya

Solusi dan cara ampuh mengatasi kucing yang mengalami diare / mencret

      1.       Usahakan beri tempat khusus saat mengalami diare
Langkah pertama saat kucing mengalami diare adalah dengan memberi ruang/tempat khusus istilahnya diisolasi, hal ini bertujuan agar si kucing tidak bertambah parah dan juga agar lingkungan sekitar tidak terkena dampaknya. Hal ini sangat diperlukan karena pada saat kucing mengeluarkan kotoran cair maka seketika itu pula virus dan bakteri akan hinggap berkembang biak diarea tersebut. Salah satu virus yang dihasilkan dari kotoran kucing yang berbahaya bagi manusia yaitu TOKSOPLASMA.

      2.       Gantilah makanan kucing
Biasanya kucing mengalami diare/mencret “HANYA” karenakan ketidakcocokan makanan untuk si kucing. Cobalah untuk mengganti makanan yang kucing konsumsi pada saat itu dengan makanan bermerk lainnya, jika itu sudah berhasil maka kucing hanya mengalami ketidakcocokan makanan yang dicerna.

      3.       Berilah obat diare khusus kucing
Jika langkah kedua tidak berhasil maka besar kemungkinan kucing memang mengalami masalah pada pencernaannya. Langkah selanjutnya yang dianjurkan adalah dengan memberi obat diare khusus untuk kucing, banyak tersedia di petshop / took-toko hewan peliharaan.

      4.       Oralit khusus kucing
Oralit khusus kucing juga sangat efektif dalam menangani diare pada kucing kesayangan kita. Berilah Oralit khusus kucing, dan jangan lupa untuk meminta saran pemberian dan dosisnya dari toko atau petshop tersebut.

      5.       Memberi tempe
Secara ilmiah tempe dipercaya bisa mengatasi kucing yang sedang mengalami diare, ini sudah banyak penemuan dan pengalaman yang mengatakan. Adapun caranya yaitu dengan menyiapkan tempe yang utuh kemudian goreng terlebih dahulu, disarankan unutk menggorengnya menggunakan minyak bekas gorengan ikan agar aromanya tercium amis dan juga jika perlu berikan olesan minyak ikan atau multivitamin khusus kucing.

      6.       Periksalah si kucing pada dokter hewan
Apabila cara-cara diatas tidak bisa meneyembuhkan si kucing dari diare/mencret, maka cara terakhir adalah dengan memeriksa si kucing ke dokter hewan. Konsultasikan apa yang dialami kucing, jelaskan bagaimana kejadiannya dan jangan terlewatkan mintalah solusi dan saran dari dokter hewan tersebut. Dengan berkonsultasi ke dokter maka kamu akan mendapatkan resep obat yang cocok dengan sakit yang diderita si kucing.

      Beberapa macam cara diatas adalah penanganan mudah yang dapat anda tangani sendiri saat si kucing mengalami diare/mencret, ibarat pepatah “ada sebab ada akibat” , kucing yang mengalami diare atau mencret pasti memiliki sebab akibat yang ditimbulkan sehingga si kucing mengalami diare atau mencret tersebut, oleh karenanya dengan beberapa pengetahuan dan pengalaman yang saya sertakan diatas semoga dapat dijadikan referensi anda dalam menangani kucing yang sedang terserang diare.
      Demikian Tips jitu mengenai Solusi dan cara menangani kucing yang diare / mencret dari isman Pet, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom KOMENTARkami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa,terima kasih.

Silahkan Follow FACEBOOK Fanspage "ISMAN PET" dan akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan INFO & TIPS-TIPS terupdate

Related Posts:

0 Response to "Solusi dan cara menangani kucing yang diare / mencret"

Post a Comment