Mencegah kucing sakit

Bagaimana kondisi kesehatan kucing kamu? ingin kucing kamu sehat selalu? ingin tahu bagaimana cara merawat kesehatan kucing agar selalu terhindar dari berbagai penyakit?... Simak ulasan berikut ini
      Pada kondisi tertentu, kita sebagai pemelihara dianjurkan dan diharapkan agar memiliki pengetahuan serta ilmu seputar kucing agar kita senantiasa dapat merawat dan memelihara kucing secara baik, benar dan tepat. Tidak sedikit kasus dari pemilik dan pemelihara kucing yang seakan acuh dan tidak peduli terhadap kondisi dan keadaan kucing itu sendiri, akibatnya kucing dan lingkungan menjadi tidak sehat, tidak bersih dan malah menjadi sarang penyakit baik terhadap kucing dan lingkungan disekitarnya.
      Kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara dan diadopsi oleh pecinta-pecinta petlovers di seluruh dunia. Fakta mengatakan, pada saat kucing dalam kondisi baik dan sehat maka seluruh bagian tubuh kucing hampir tidak memiliki bakteri dan kuman yang dapat membahayakan bagi manusia bahkan banyak dari peneliti-peneliti dunia yang mengatakan bahwa air liur kucing saja tidak memiliki bakteri dan kuman yang membahayakan kita (manusia) pada saat kucing dalam kondisi sehat. Namun sebaliknya, jika kucing sedang dalam kondisi tidak baik atau tidak sehat maka berbagi virus, bakteri dan kuman dapat mempengaruhi si kucing dan juga lingkungan yang ada disekitarnya.



      Penyebab utama timbulnya penyakit pada kucing paling banyak disebabkan oleh virus yang masuk dan hinggap pada tubuh kucing. Adapun virus dan bakteri yang bisa menyerang kucing banyak jenis juga macamnya, dari yang bisa menimbulkan sakit biasa hingga bisa menyebabkan kematian pada kucing itu sendiri. Virus tersebut akan menyerang dan merusak antibodi didalam tubuh sehingga kucing mengalami kelemahan pada fisik yang secara langsung mempengaruhi kondisi kesehatannya.

Berikut beberapa penyakit yang bisa terserang oleh kucing pada umumnya

      -          Jamur / ringworm
      -          Toksoplasma
      -          Demam
      -          Diare
      -          Terserang kutu
      -          Kerusakan pada Ginjal atau organ dalam lainnya
      -          Dll.

      Dari beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang kucing, tidak sedikit dari pemelihara dan pemilik kucing yang masih kurang tahu dan tidak paham penyebab juga cara penanganannya. Padahal jika kamu tahu dan memiliki ilmunya maka semua itu bisa dicegah dan diatasi dengan cara mudah. Pada artikel kali ini saya akan menyertakan beberapa cara dan tips untuk mencegah agar kucing kesayangan kita bisa terhindar dari penyakit. Berikut ulasan lengkapnya

Tips mencegah kucing sakit

      1.       Vaksinasi
Vaksinasi atau penyuntikan imun pada kucing merupakan hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan dan kestabilan kondisi fisik kucing. Pemberian vaksinasi pada kucing yang paling ideal adalah pada saat kucing berumur 3-4 bulan, pada umur tersebut kucing akan lebih siap dan kuat dari segi fisiknya. Vaksinasi ini juga dianjurkan agar diberikan berselang 1 kali dalam setahun ( 1xtahun ). Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan dalam menangkal segala macam penyakit yang bisa menyerang kucing.

      2.       Makanan kucing yang berkualitas
Tidak perlu memberikan makanan kucing dengan kualitas mutu tinggi, setidaknya berilah kucing makanan dengan kualitas cukup dan memenuhi bagi gizinya setiap hari. Ini merupakan langkah tepat bagi kamu agar kucing kamu tidak mudah sakit, karena dalam setiap kandungan makanan yang kamu berikan maka itu akan berpengaruh pada kesehatan kucing dan tumbuh kembangnya. Cara ini juga bisa mencegah infeksi atau kerusakan dalam organ pencernaan pada kucing, seperti : Lambung kucing, Ginjal, Usus, dan tenggorokan.
  
      3.       Membersihan kandang dan peralatan kucing
Hal yang tak kalah penting dalam mencegah dan menjaga kondisi kesehatan kucing kamu adalah dengan membersihkan kandang juga peralatan kucing yang ada. Ketika kandang dan peralatan kucing dalam keadaan kotor dan kemproh maka itu akan menjadi sarang bakteri, virus dan kuman yang dapat membahayakan bagi kesehatan kucing kesayangan kamu. Rutinlah untuk membersihkan atau mencuci kandang dan peralatan kucing yang ada.

4.       Rajin membersihkan tubuh kucing
Jagalah kebersihan tubuh kucing secara rutin, meskipun kucing memiliki kebiasaan membersihkan diri dengan sendiri. Namun dalam kondisi tertentu kucing membutuhkan bantuan dan perawatan dari kita sebagai pemelihara, seperti contoh : memotong kuku, membersihkan area kuping, menyisir bulu secara menyeluruh, dan masih banyak lagi. Memandikan kucing juga dapat membantu dalam meningkatkan kebersihan kucing itu sendiri, meskipun seperti yang kita ketahui bahwa kucing dapat membersihkan tubuhnya dengan menggunakan lidah.

      5.       Periksa rutin
Cek dan periksa kondisi kucing di dokter hewan secara rutin, bisa berselang antara 2-3bulan sekali. Dengan mengecek dan memeriksa kondisi kesehatan kucing secara rutin maka kita bisa mengetahui dan menangkal apabila kucing sedang dalam kondisi tidak baik, dokter bisa memberikan saran dan anjuran sebelum kucing mengalami hal yang lebih parah.

      6.       Memberikan tambahan vitamin
Ini merupakan tahap pencegahan yang berfungsi untuk menghindarkan dari segala macam jenis penyakit yang dapat menyerang sewaktu-waktu. Disamping itu, dengan memberikan vitamin tambahan juga dapat digunakan sebagi penangkal ampuh agar penyakit tidak menjadi semakin parah dan lebih buruk.

      Kebersihan dan asupan kucing sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kucing itu sendiri, Berilah perawatan dan penanganan yang tepat dan benar agar meminimalisir terserangnya penyakit pada kucing. Perlu diketahui bahwa meski kucing merupakan hewan yang memiliki intelegensi atau kepintaran yang lumayan tinggi namun selayaknya hewan, kucing juga memiliki batas akal dan kepintaran yang masih jauh dibawah manusia. Oleh karenanya, jika kamu berkeinginan menjadi pemilik dan pemelihara yang baik maka sangat dianjurkan untuk mencari pengetahuan dan ilmu sebanyak-banyaknya seputar kucing pada umumnya dan seputar jenis kucing yang kamu pelihara pada khususnya. Pada akhirnya, sikap dari pemelihara kucing itu sendiri yang menentukan baik tidaknya kondisi kesehatan kucing.
      Demikian Tips jitu mengenai Mencegah Kucing Sakit dari isman Pet, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom KOMENTARkami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa,terima kasih.

Silahkan Follow FACEBOOK Fanspage "ISMAN PET" dan akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan INFO & TIPS-TIPS terupdate


Related Posts:

0 Response to "Mencegah kucing sakit"

Post a Comment