Top 5 Kucing Berjenis Bulu Panjang (Longhair)

Kamu sedang mencari referensi kucing peliharaan? Bingung mau pilih yang mana?... Jika kamu hendak memelihara kucing berjenis LONGHAIR / BULU PANJANG maka simak dulu penjelasana dan ulasan berikut ini 

      Spesies kucing memiliki keragaman jenis dan ras yang sangat variatif. Dalam perkembangannya, kucing terbagi-bagi dalam berbagai ras dan jenis yang begitu banyak yang sudah tersebar luas di seluruh pelosok bumi ini. Adapun dari segi jenis bulu yang dimiliki, kucing terbagi dengan 2 jenis "longhair" (bulu panjang) dan "shorthair" (bulu pendek) . Kucing jenis Longhair adalah jenis kucing yang memiliki bulu panjang dan lebat, sedangkan kucing jenis Shorthair adalah jenis kucing yang memiliki bulu yang pendek dan adapula kucing yang memiliki sedikit bulu pada tubuhnya seperti : Ras spynx.
      Kucing jenis "Longhair" sangat identik dengan keindahan bulu tubuh yang panjang, indah dan cantik untuk dipandang. Banyak dari calon adopter-adopter yang ingin mengadopsi kucing jenis ini (Longhair) karena memang memiliki fisik yang indah dan bulu yang cantik.
      Pada kesempatan kali ini saya akan paparkan 5 jenis kucing longhair yang paling populer dan banyak diminati dikalangan petlovers. berikut beberapa penjelasan dari kucing jenis longhair terbaik dan terpopuler.

Top 5 kucing berjenis Long Hair ( Bulu Panjang )


     1.   Persia
Yang pertama ada Ras Persia, Ras persia tidak dipungkiri lagi merupakan Ras longhair paling favorit dan banyak diminati oleh petlovers di seluruh dunia, ini dikarenakan kucing Ras Persia memiliki beberapa kelebihan dari fisik dan karakter yang sangat cocok sebagai teman bagi manusia. Ciri umum dari Ras Persia yaitu :

      -   Bulu panjang
      -   Kepala bulat agak oval
      -   Mata bulat
      -   Suka bermain
      -   Manja
      -   Sangat friendly terhadap manusia

     2.   Anggora
Berikutnya ada Ras Anggora, Ras Anggora juga merupakan salah satu ras kucing favorit dikalangan pecinta kucing, Ras Anggora memiliki fisik yang dibilang seksi dan kontur wajah cantik agak mancung. Jika Ras Persia terkenal dengan jenis longhair yang imut dan lucu maka beda dengan Ras Anggora, tubuh Ras Anggora lebih condong indah dan seksi di setiap lekuknya. Adapun ciri khusus dari Ras Anggora yaitu :
   
      -    Bulu indah panjang
      -    Kontur wajah agak mancung
      -    Aktif suka bergerak
      -    Manja
      -    Friendly terhadap manusia

     3.   Maine Coon
Ras Maine Coon tergolong dengan kucing extraordinary atau tidak biasa. Ras Maine coon merupakan kucing yang memiliki fisik tinggi besar dan bulu yang lebat panjang. Di indonesia sendiri sulit untuk menemukan pemelihara Ras Maine coon, ini dikarenakan harganya yang tergolong mahal dan membutuhkan perawatan yang ekstra. Ras Maine coon memiliki beberapa cirikhas yang tidak dimiliki kucing pada umumnya, yaitu :

      -    Tubuh tinggi dan besar
      -    Bulu panjang dan lebat 
      -    Tulang besar dan kuat
      -    Antibodi yang sangat kuat
      -    Pendiam dan tenang ketika berhadapan dengan manusia

     4.   Ragdoll
Berikutnya ada Ras Ragdoll. Mungkin sedikit dari kita yang mengetahui mengenai Ras yang satu ini, Ras Ragdoll merupakan kucing yang tenang dan sangat bersahabat terhadap manusia. Kucing ini memiliki fisik tegak, dada yang membusung, cantik dan bentuk tubuh yang indah yang identik dengan Ras Ragdoll ini adalah bulu ekornya yang terlihat seperti kemoceng. Ras Ragdoll juga jarang kita temui di indonesia,mungkin karena memang harganya yang mahal. Padahal kucing Ras Ragdoll ini memiliki banyak kelebihan dan ciri khas sendiri.

      -    Tubuh tegak, tinggi sedang
      -    Tulang besar dan kuat
      -    Bentuk wajah yang cantik
      -    Dada yang membusung gagah
      -    Sangat manja terhadap manusia
      -    Suka berinteraksi dengan manusia

     5.       Norwegian forest
Yang terakhir ada Ras Norwegian forest. Ras Norwegian forest merupakan Ras asli yang berasal dari negara Norwegia. Kata “Norwegian” merupakan maksud dari daerah asal kucing tersebut yaitu Norwegia,sedangkan “Forest” artinya Hutan, disebut hutan karena memang kucing ini berasal dari hutan-hutanan yang terdapat di wilayah Norwegia. Mitosnya kucing ini disebut sebagai “Peri kucing”. Ras Norwegian forest memiliki khas yang tidak biasa yaitu pada bulunya, bulu kucing Ras Norwegian forest akan lebat pada saat musim dingin dan akan rontok pada musim semi. Kucing jenis ini banyak terdapat di negara-negara eropa dan menjadi salah satu favorit bagi pelovers di belahan bumi barat tersebut. Adapun ciri utama dari Ras Norwegian forest yaitu :

      -    Bulu lebat panjang, biasanya lebih lebat terletak pada lehernya
      -    Tubuh tinggi sedang
      -    Warna mata yang indah
      -    Aktif di luar rumah
      -    Suka berburu
      -    Suka hidup berkelompok dengan sesama ras-nya

      Di indonesia sudah banyak kita jumpai berbagai ras yang memiliki bulu panjang, kebanyakan dari mereka biasanya Ras Persia dan Ras Anggora. Dalam hal perawatan, jenis kucing yang berbulu panjang atau longhair memang perlu perhatian lebih. Hal ini bertujuan agar si kucing selalu dalam keadaan sehat dan bersih, karena bulu yang panjang pada kucing berpotensi lebih besar terhadap serangan penyakit kulit dan kerontokan.
      Kelima Ras kucing yang saya sebutkan diatas tentunya merupakan versi ISMAN PET sendiri yang dihasilkan menurut hasil survey dan tanya jawab saya dari berbagi petlovers-petlovers indonesia yang saya tanyai pendapatnya dan pandangannya mengenai jenis longhair.
      Demikian info lengkap mengenai Top 5 Kucing Bulu Panjang (LONGHAIR) dari isman Pet, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa… APABILA ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom “KOMENTAR”, kami sangat terbuka dan menghargai saran dan masukan pemirsa,terima kasih.

Silahkan Follow FACEBOOK Fanspage "ISMAN PET" dan akun G+ (Google Plus) “ADMIN” untuk mendapatkan INFO & TIPS-TIPS terupdate

Related Posts:

0 Response to "Top 5 Kucing Berjenis Bulu Panjang (Longhair)"

Post a Comment